Rabu, 15 Februari 2017

Melihat Peternakan Sapi Perah di Banyuanyar, Boyolali


Boyolali terkenal dengan berbagai produk unggulan yang salah satunya adalah susu. Salah satu desa penghasil susu adalah desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sebagian penduduk desa ini berprofesi sebagai peternak sapi perah. Satu kepala keluarga bisa memiliki belasan bahkan puluhan sapi perah yang menghasilkan ratusan liter susu segar per harinya.

"Di kandang ini ada dua puluh sapi, per harinya bisa menghasilkan hingga 150 liter susu. Masalah distribusi, kami menyetor kepada koperasi, jadi sudah sangat lengkap di sini baik produksi dan distribusi," ucap Pak Warto salah satu peternak sapi desa setempat


Ia menjelaskan bahwa produksi susu tersebut dapat diolah menjadi Yoghurt yang akhirnya menjadi ciri khas desa ini sebagai salah satu penghasil Yoghurt terbaik di Jawa Tengah.

"Salah satu olahan susu sapi di sini adalah yoghurt. Proses pembuatan yoghurt sendiri antara 4 sampai 6 jam. Ada beberapa produk olahan yoghurt yang dihasilkan di sini, seperti es lilin yoghurt, es krim yoghurt dan yoghurt asli itu sendiri. Harganya mulai Rp 1.000 hingga Rp 10.000 paling mahal. Yoghurt kami dapat bertahan hingga 40 hari bahkan 60 hari kalau disimpan di Freezer," Ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa maksimalnya sektor peternakan di desa ini dapat menstabilkan dan meningkatkan perekonomian warga. Selain sapi, ada juga beberapa warga yang beternak kambing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar